Tami Punya Karya

Tami Punya Karya. "Tulisan yang ada di sini semua adalah hasil inspirasi yang ditangkap lewat ANGIN dan SUARA HATI."

Sabtu, 08 Januari 2011

Kamu Sepenuhnya Kamu

“Sesungguhnya kita itu LUAR BIASA! Terkadang kita tidak sadar bagaimana Tuhan membuat kita menjadi sosok yang LUAR BIASA. Tuhan mempunyai banyak cara dan masing-masing cara berbeda satu dengan yang lainnya. Kita hanya perlu membuka mata dan hati untuk membaca dan merasakannya.”
-Tami

Setiap kita, mempunyai kehidupan masing-masing. Dan kita juga tahu, bahwa hidup ini adalah sebuah rangkaian masalah. Tidak naïf, bahwa kita sangat membutuhkan masalah untuk tetap bertahan hidup! Karena masalah mendewasakan kita dalam berbagai hal.

Memang, tak jarang kita sering mengeluh, menangisi, menyesali suatu masalah! Tapi, lelah terhadap masalah itu ternyata hanya sementara bukan? Tak perlu dijelaskan lagi, bahwa hidup ini seperti hujan badai yang setelah itu meninggalkan pelangi di langit.

Coba deh ingat-ingat lagi masalah yang paling berat yang pernah kamu hadapi selama hidup ini. Ingat, bagaimana kamu menyikapi masalah tersebut? Bagaimana kamu memecahkan masalah tesebut?

Mmm, mungkin pada awalnya kita akan merasa down. Mengeluh, menangis, menyesali, marah, dan lain sebagainya. Padahal, dibalik suatu masalah ada energi yang luar biasa yang sedang mengukir dan membentuk diri kita agar menjadi lebih anggun dan tangguh! Awalnya memang terasa sakit, tapi akhirnya akan terasa manis. Tinggal bagaimana kita menyikapi masalah tersebut, karena apapun yang terjadi pada kita, sesunnguhnya semua berada pada tanggung jawab diri kita. Kamu memilih untuk tetap bahagia ketika ada masalah atau sebaliknya.

Tidak ada yang sia-sia di muka bumi ini, termasuk apa yang Allah berikan pada kita. Ketika Allah memberikan kita banyak masalah dalam hidup, bukan berarti Allah tidak sayang pada kita, bukan berarti kita makhluk yang sangat berdosa, bukan berarti Allah pilih kasih. Allah hanya ingin mengukir dan membentuk diri kita agar menjadi lebih indah lewat masalah-masalah itu, Allah hanya ingin kita lebih dekat denganNya, Allah hanya ingin kita lebih berhati-hati. Allah sangat sayang pada kita.

Masalah itu adalah suatu anugerah bukan? Kau tahu, ketika Allah memberikan satu masalah, dua masalah, tiga masalah, dan seterusnya, sesungguhnya Dia mendidik kita agar menjadi sosok yang LUAR BIASA. Tidak semua orang menghadapi masalah yang sedang kita hadapi, karena Allah hanya memberikan gelar LUAR BIASA itu hanya kepada orang-orang yang bisa menyikapi masalahnya dengan baik. Kita semua memang punya masalah, namun tidak semua orang bisa menjadi LUAR BIASA! Tinggal pilih, ingin menjadi manusia statis atau dinamis, ingin menjadi biasa atau luar biasa. Masing-masing kita tahu mana yang terbaik untuk kita, tinggal bagaimana menzakatkan potensi kita untuk menyikapi suatu masalah.

Dan perlu diingat, bahwa hidup ini SEBAB-AKIBAT! Masalah yang sedang kita hadapi bisa jadi adalah refleksi perbuatan kita di masa lalu. Baik buruknya perilaku kita sekarang merupakan benih yang pada episode berikutnya akan kita semai sebagai hasilnya. Jadi, jangan pernah merasa lagi bahwa hidup ini tidak adil, HIDUP INI ADIL TEMAN! Semuanya berantai. Kita hanya tidak sadar dan kurang peka terhadap rantaian hidup ini. Jadi, teruslah berbuatlah kebaikan, karena semuanya akan kembali pada diri kita sendiri juga :)

So, Life is never FLAT! You must facing it and just enjoy it! Tua itu pasti, namun bagaimana cara kita menikmati hidup ada pada diri kita sendiri.

“Ketika ada suatu masalah yang sedang kau hadapi, cobalah keluar rumah sebentar. Berjalan sendiri ke suatu tempat, menikmati perjalanan, menjumpai dan menyapa orang-orang yang tak kau kenal, cobalah berbincang dengan mereka walaupun hanya sekedar basa-basi. Biasanya inspirasi hidup datang dari mereka yang tidak kita kenal. Atau, cobalah mendengarkan keluh kesah sahabatmu yang sedang ada masalah juga, dengarkan ia dengan baik. Maka kau akan merasa, bahwa kau bukan satu-satunya manusia yang mempunyai masalah di dunia ini, bahkan kau mungkin akan lebih bersyukur, bahwa masalahmu tidak lebih berat darinya. Tanpa mengeluhkan masalahmu padanya pun, dengan mendengarkan masalahnya saja pun, kau sudah merasa terobati dari masalahmu. Masalah itu memang selalu ada, bahkan masalah itu bagian dari diri kita, namun masalah itu bisa menjadi tak ada, bila kau menganggapnya tak ada, karena kau bisa menciptakan Suasana bahagia dalam masalahmu, kebahagiaan itu milikmu dan ada dalam dirimu, ciptakanlah kapanpun kau mau.”

SELAMAT BERLIBUR!
Lupakan sejenak kepenatan hidup.

Utami Ramadhanti
Jambi, 04 Januari 2010

2 komentar:

  1. bagus skali mbak .sangat memotivasi :)

    BalasHapus
  2. rindu kamu sayangku.. terimakasih motivasinya syg

    BalasHapus